Senin, 04 Juni 2012

Portfolio Dirumah


PEMERIKSAAN PERIPHERAL
Setelah semua langkah pemilihan komponen, perakitan, dan pengaturan baik hardware maupun software dari komponen dan peripheral perlu dilakukan pengecekan dari setiap komponen dan peripheral. Fungsi tidaknya komponen atau peripheral tergantung dari pemasangannya.
Hal yang perlu diperiksa dari hasil komponen dan peripheral meluputi:
  • Kencang tidaknya pemasangan komponen atau peripheral. Periksa apakah skrup telah terpasang dengan sempurna. Urutan kabel, urutan kabel dapat di cek terlebih dahulu dengan menyocokan pin no1 pada kabel dengan pin 1 dengan konektor. Untuk model kabel sekarang kemungkinan terbalik sangat kecil.
  • Urutan kaki komponen, dalam hal ini prosesor dan RAM. Dengan melihat manual guide dari setiap komponen kesalahan dalam memasang komponen dapat dihindari. 
  • Untuk prosesor dan RAM saat ini kemungkinan salah sangat kecil, karena bentuk fisik yang tidak memungkinkan komponen terpasang salah.
Setelah langkah diatas sesuai dengan buku manual dan sesuai dengan langkah langkah sebelumnya. Siapkan untuk menghubungkan sumber daya ke jala jala listrik. Amati saat pertama kali komputer menyala, pastikan tidak ada pesan eror baik berupa tampilan di monitor atau dengan bunyi beep. 
Jika tidak ada pesan error masuk ke BIOS dengan menekan del atau F2, sesuai dengan BIOS yang digunakan.
Masuk dalam menu main untuk mengecek komponen hard disk, CDROM, floppy disk, dan RAM. Dengan malihat status dari hard disk atau masuk ke menu hardware monitor untuk melihat status dari prosesor baik tegangan maupun kecepatan dari kipas pendinginnya.
Jika semua dapat terlihat tanpa ada pesan kesalahan maka perakitan PC berhasil dilakukan, selanjutnya siap untuk instalasi sistem operasi.
Pengecekan Komponen PC melalui Device Manager


1. PEMERIKSAAN PERIFERAL
                Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum . Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan dengan cara menggunaan software aplikasi yang sudah ada pada system operasi yang sudah ada.
 2. TOOL YANG SUDAH ADA DI GUNAKAN UNTUK MELAKUKAN PEMERIKSAAN PERIFERAL
a)      DEVICE MANAGER
Aplikasi ini sudah ada pada system operasi windows pengecekan pada device manager di lakukan dengan klik kanan My computer >> properties >> hardware >> device manager
      Device manager digunakan untuk mengetahui keadaan secara menyeluruh. Dari tampilan device manager dapat diketahui semua hardware yang terpasang pada PC. Tool ini dapat di gunakan untuk disable/enable hardware yang di pasang dan juga untuk uninstall driver maupun update driver. Device manager juga dapat memberikan informasi apakah peripheral tersebut sudah terinstall driver nya dengan baik/belum .
     Pada kotak dialog tersebut diatas terdapat semua hardware yang terpasang pada  komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstall dan terpasang dengan benar , maka tidak akan muncul tanda “ ! “ pada hardware tersebut . Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau penginstallan , akan terdapat tanda “ ! “ mpada hardware tersebut .
b)      SYSTEM INFORMATION
System information digunakan untuk mengetahui informasi bagian hardware . Untuk memanggil tool klik start → program→ acessories→ system tools → system information .
     Dari tampilan pada gambar tersebut dapat diketahui semua  informasi tentang hardware yang terpasang pada PC. Tool system information ini di lengkapi dengan fungsi “ cari “ yang berfungsi untuk memudahkan pencarian komponen dalam computer .
Selain itu , tool ini di lengkapi juga dengan fasilitas yang mampu di gunakan untuk mendiagnosa jaringan ,hardware, dan system .
c)       DIRECT   X
Digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponen yang berhubungan dengan multimedia seperti VGA Card dan LAN Card . Selain itu, untuk mengetahui kondisi direct x juga di lengkapi dengan tools yang mampu digunakan untuk mendiagnosis sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak.
       Direct X merupakan tool bawaan windows yang digunakan untuk mendiagnosa semua hardware yang berhubungan dengan grafis , network dan multimedia . Tool Direct X dapat juga di panggil dari tool system information .
      Direct X mampu mendiagnosis system , dispalay monitor , sound music, input , dan network.Tool ini  dilengkapi dengan features acceleration untuk meningkatkan performance dari fungsi peripheral.
Cara untuk menjalankan software Direct X adalah melalui start > run > ketik “dxdiag “ >klik ok , kemudian software Direct X akan tampil dengan title diagnostic tools.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar